Proses Produksi Film Elysium

Kebanyakan film yang bersetting di masa depan menggambarkan keadaan planet Bumi yang kondisinya jauh lebih buruk dari yang kita diami saat ini. Sangat masuk akal sebetulnya mengingat perlakuan manusia terhadap alam yang menyebabkan kehancuran masive dimana-mana. Tak beda jauh halnya dengan film yang dibintangi Matt Damon sebagai Max ini, Elysium mengambil setting di tahun 2154. Pada masa itu kondisi di Bumi sudah tidak menyenangkan lagi untuk ditinggali. Orang kaya mencari alternatif untuk tempat tinggal, yaitu di Elysium, stasiun luar angkasa berbentuk torus yang sangat besar melayang di atas bumi dengan beragam macam kehidupan mewah. Dan Bumi, hanya cocok untuk orang miskin saja.

Matt Damon sebagai Max

Film ini disutradarai dan ditulis sendiri oleh Neill Blomkamp, yang pada tahun 2009 menyutradarai film District 9. “Menggambarkan kondisi yang sangat kontras antara Elysium dan keadaan di Bumi adalah bagian yang sangat penting dalam film ini,” Blomkamp menjelaskan. “Untuk menggambarkannya secara jelas, hitam-putihnya antara dua tempat tersebut, kami sangat memikirkan setiap elemen dalam proses pembuatan film ini.”




Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Production Designer, Philip Ivey untuk mendesain kondisi yang sangat berbeda antara si kaya di atas dan si miskin di bawah. “Tujuannya adalah menunjukkan bahwa semua uang berada di Elysium,” kata Ivey. “Bila kondisi di Bumi yang kotor terasa sangat real bagi penonton, maka kondisi Elysium yang bersih pun harus terasa demikian.”

Pengambilan lokasi suting dilakukan di dua tempat, yaitu Mexico City untuk setting kondisi di Bumi, dan Vancouver untuk setting Elysium. Pengambilan gambar menggunakan RED EPIC kamera dan lensa anamorphic yang menghasilkan resolusi 3.3K dan untuk mastering dijadikan 4K.

Pengambilan adegan film Elysium yang dilakukan di Mexico

Mengenai bentuk Elysiumnya sendiri, Neil sang sutradara berkonsultasi dengan pihak NASA untuk mempertanyakan apakah stasiun luar angkasa seperti itu memang bisa direalisasikan? Dan menariknya ternyata NASA sudah memikirkan konsep semacam ini sudah sejak tahun 1970-an.

Luas bangunan Elysium selebar 2km, diameter torusnya sepanjang 40km dan panjang permukaan 125.6km. Banyak asset yang dibutuhkan untuk memenuhi area seluas itu tentunya. Droid atau robot, pesawat, bangunan futuristik serta lingkungan penyangga kehidupan, adalah obyek-obyek yang banyak dibuat menggunakan CG.

“Banyak detail yang dibutuhkan,” visual effects supervisor Peter Muyzers menjelaskan. dalamnya. Kami selalu menggunakan referensi dari dunia nyata agar tidak terlalu sci-fi.”

“Elysium seperti lingkungan tempat tinggal di Malibu,” CG supervisor Votch Levi menjelaskan.
“Jadi kami harus membuat banyak sekali pohon dan tanaman, semak, bunga dan berbagai jenis rumput. Lalu bangunan rumah mewah beserta kolam renang, taman untuk BBQ, halaman dan tembok pagar. Itu semua merupakan obyek yang harus disusun agar sesuai dengan kondisi Elysium.”

Selain pengerjaan environtment, obyek-obyek lainnya yang dibuat melalui rekayasa komputer juga tak kalah detailnya. Seperti Droid atau robot yang bertugas untuk melayani penghuni Elysium, atau Raven, pesawat yang bisa lepas landas secara vertikal, yang dibuat dengan tampilan yang kokoh, brutal tapi bisa bergerak secara dinamis. Sedangkan kendaraan mewah yang digunakan pejabat Armadyne didesain berdasarkan bentuk mobil super mahal Bugatti.

Konsep Exo-suit yang digunakan Max (Matt Damon)

Sementara untuk karakter Max yang diperankan Matt Damon, ia adalah warga bumi yang menginginkan adanya keseimbangan antara kehidupan di permukaan Bumi maupun yang di Elysium. Dalam menjalankan misinya ia dilengkapi dengan exo-suit, sebuah perangkat mekanik yang berfungsi untuk melipatgandakan mobilitas dan kekuatan tubuh agar bisa bergerak lebih cepat dan mengangkat beban lebih besar. Pakaian seperti ini sebetulnya fungsinya mirip dengan yang digunakan Sigourney Weaver dalam film Aliens atau bahkan pakaian besi dalam film Iron Man. Teknologi ini sudah dikembangkan oleh militer Amerika dengan nama HULC (Human Universal Load Carrier), dan diperkirakan dalam beberapa tahun yang akan datang pakaian semacam itu akan benar-benar bisa direalisasikan. ***

Artikel oleh: Fitra Sunandar
Diolah dari berbagai sumber. Images ©2013 CTMG.
(Dilarang menyadur/mengutip/mempublikasi ulang tanpa mencantumkan sumber dan nama penulis)

Judul: Elysium
Director: Neill Blomkamp
Writer: Neill Blomkamp
Produksi: TriStar Pictures
Pemeran: Matt Damon,
Jodie Foster, Sharlto Copley
Biaya: USD 115.000.000

Post a Comment

0 Comments