Gravity’s Light Box & IRIS

Ide pembuatan light box berasal dari DoP Emmanuel Lubezki yang melihat layar LED besar yang menampilkan gambar-gambar di belakang panggung konser musik rock. Lubezki yang sebelumnya bingung bagaimana mengaplikasikan lighting untuk pengambilan gambar para astronot, membagi ide tersebut pada Webber dan Cuarón, dan Framestore studio bertugas menangani programing yang mengatur tampilan gambar pada layarnya.


Gravity's Light Box

Light box tersebut sebenarnya sebuah kotak besar dengan tinggi bisa sampai 6 meter dan lebar 3 meter, dan bisa disesuaikan besarnya sesuai kebutuhan. Kotak ini memiliki ruang kosong di dalamnya, tersusun dari 196 panel terpisah berukuran sekitar 60 cm yang memiliki 4.096 buah lampu LED kecil.

Selain berfungsi sebagai sumber cahaya, light box ini juga bisa memberi variasi warna dan bisa diprogram untuk bergerak dengan kecepatan yang diinginkan. Jadi tanpa harus menggerakkan sumber cahaya secara fisik, cukup mengubah tampilan gambar pada display saja yang disesuaikan dengan pergerakan karakter dan kamera. Selain itu, gambar pada layar memberi gambaran pada aktor tentang apa yang ada di sekeliling mereka, hingga mereka tak harus berimajinasi dengan ruangan kosong. Seperti adegan Sandra di dalam ISS, interior yang ditampilkan memberi gambaran kemana ia harus bergerak, dan acuan ke arah mana pandangan matanya harus tertuju.

Gravity's Light Box & IRIS

IRIS adalah rig kamera robotik berbentuk seperti sebuah lengan dengan ukuran yang sangat besar, di mana ujungnya bisa dipasangi berbagai macam jenis kamera dari yang beratnya 6 Kg sampai dengan 500 Kg.

Sistim utama motion control pada IRIS memiliki 7 axis yang bisa bergerak bebas dan bisa disesuaikan lagi dengan pegangan kamera yang memiliki 3 axis tambahan. Alat seberat 6.000 kg ini bisa ditempatkan di atas track yang bisa bergerak sejauh 10.5 meter. Pergerakan lengan mekaniknya bisa bergerak 4 meter per detik.

IRIS
Bot & Dolly sebagai perusahaan pemiliknya berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Bot & Dolly adalah studio design dan engineering dengan spesialisasi di bidang robotik dan pembuatan film, dengan misi untuk meningkatkan kualitas motion control sebagai media kreatif dan membangun perangkat berkelas internasional. IRIS sudah digunakan di berbagai film layar lebar, film iklan, pertunjukan di Las Vegas sampai instalasi seni berskala besar. Alat ini tersedia untuk disewa oleh berbagai pihak yang membutuhkan.***

Post a Comment

0 Comments