Proses Produksi Film Terminator Genysis

Film Terminator Jugdement Day yang dibuat tahun 1991 adalah salah satu film pertama yang memanfaatkan CGI untuk pembuatan visual effect nya. Dan ditahun 2015, film Terminator ke 5 dirilis dengan judul Terminator Genysis.

Film ini menghadapi tantangan berat dalam pembuatan visual effect nya, yaitu bagaimana memunculkan dua orang yang sama, Arnold Schwarzenegger, dalam tampilan fisik yang berbeda, saling bertarung berhadap-hadapan untuk saling mengalahkan.

Arnolds yang kembali muncul sebagai Terminator

Diawal pembukaan film ada adegan terjadinya ledakan nuklir yang menghancurka San Fransisco, atau tepatnya di lokasi jembatan Golden Gate.

Untuk membuat envirotment tersebut, lokasi sekitar ledakan di-scan menggunakan Faro Lidar Scanner untuk menghasilkan 12 gambar virtual yang kemudian dikombinasikan dengan HDRI. Kemudian ILM membuat model 3D gedung-gedungnya yang dilengkapi dengan interior agar gedung tersebut terlihat lebih kuat.

Untuk lebih akurat lagi dalam mengkalkulasi efek kehancuran dari ledakan tersebut, Janek Sirr, Production VFX Supervisor, mengarahkan ILM ke situs Nukemap, (http://nuclearsecrecy.com/nukemap/), peta yang berfungsi untuk mensimulasi ledakan nuklir.

Terminator jenis T-800 dalam bentuk endoskeleton kembali muncul dengan bentuk yang mengalami sedikit perbaikan dibanding kemunculannya dalam film Terminator 2: Judgement Day. Untuk pembuatan model T-800 tersebut ditangani oleh Legacy Effects yang sebelumnya bernama Stan Winston Studio.



Untuk pembuatan modelnya awalnya Legacy Effects membuat master dari 300 lebih bagian endoskeleton menggunakan 3D printing, lalu membersihkannya dan membuat cetakannya untuk direproduksi lagi hingga bisa menghasilkan beberapa buah endoskeleton T-800.

Untuk membuat komponen-komponen tersebut digunakan beberapa formula cairan kimia bernama urethanes yang bisa menghasilkan komponen sejenis karet namun kuat, dan bisa dilapisi dengan cat metalik yang bisa membuat karet tersebut benar-benar terlihat seperti metal.

Adegan yang sangat menantang dan membutuhkan inovasi di bidang visual effect adalah adegan di mana Arnolds tua yang sekarang berumur 67 tahun bertarung dengan dirinya sendiri yang jauh lebih muda 30 tahun. Adegan tersebut tak bisa disiasati dengan make-up effects. Solusi satu-satunya adalah membuat Arnolds muda versi digital, yang pembuatannya ditangani oleh studio Moving Picture Company (MPC).

Untuk referensi dibutuhkan foto-foto Arnolds saat tahun 1984. 3D modelingnya dibuat menggunakan ZBrush. Model digital dari Arnolds dibuat dengan kurang lebih memiliki satu juta polygon untuk tubuhnya saja, sementara untuk mata, gigi dan kuku masing-masing memiliki kurang lebih 250 ribu hingga 300 ribu polygon.

Untuk adegan perkelahian yang merupakan rekonstruksi dari adegan dalam film Terminator tahun 1984 dimana robot T-800 muncul dalam bentuk Arnolds tanpa busana di area Griffith Observatory, Los Angeles, dibutuhkan waktu 12 bulan lamanya untuk membuat Arnolds versi digital – atau dikenal dengan istilah Synthespian – lalu membuat 35 adegan perkelahian yang berdurasi sekitar 5 menit tersebut.

Pihak produksi menggunakan seorang pria muda berperawakan seperti Arnold Schwarzenegger muda. Ia adalah binaragawan asal Australia bernama Brett Azar yang berusia 27 tahun.
Azar berakting sebagai Terminator jahat. Porsi tubuh dan pergerakan Azar yang mirip Arnold menjadi referensi animator untuk menggerakan versi digitalnya. Pada wajahnya dipasangi tracker point untuk digunakan sebagai acuan membuat ekspresi yang sesuai.

Sebagus apapun hasil rekayasa digital dalam sebuah film, tetap lebih realistik bila mengambil langsung gambar melalui kamera, dan disini peran penting make-up effect untuk bisa membuat tampilan realistik,

Setelah mengalami pergumulan dahsyat dengan robot lainnya, wajah sang guardian sedikit terkoyak pada lapisan kulit luarnya sehingga memperlihatkan sedikit permukaan metal dari endoskeleton yang ada di dalam tubuh tersebut.

Untuk menciptakan master dari wajah Arnolds dibuat dengan life scanning dan life casting langsung dari wajah dan kepala Arnold. Lalu dari hasil cetakan tersebut ditranfer ke digital untuk dimodifikasi dengan CG, dan dibuat beberapa versi luka pada wajah tersebut.

Ribuan silikon dan prosthetic dibuat oleh Legacy Effect untuk keperluan make-up tersebut. Diantaranya ada yang dikombinasikan dengan greenscreen yang dicat pada wajah agar bisa dikombinasikan dengan CG.

Teknik ini memberi keleluasaan untuk mengambil gambar wajah tersebut dari arah mana saja, beda saat pembuatan T1 dan T2 yang terbatas pada sudut-sudut tertentu saja.

Terminator type T-3000 memiliki kemampuan mengubah wujud. Tubuhnya tersusun dari serpihan metal yang dikontrol oleh medan magnet. Materialnya terbuat dari material semacam komposit keramik karbon yang memberi tampilan lebih futuristic seperti halnya pesawat stealth F-35.

Dalam adegan perkelahian, robot T-3000 nampak sangat dinamis dengan pergerakan partikel logam pada tubuhnya. Untuk membuat permukaan yang bergerak tersebut, studio Double Negative menggunakan software Houdini.***

Artikel oleh: Fitra Sunandar
Productions stills images courtesy of Paramount Pictures.
(Dilarang menyadur/mengutip/mempublikasi ulang tanpa mencantumkan sumber dan nama penulis)


Post a Comment

0 Comments